Pengertian Media
Berasal dari bahasa Latin “medius”yang berarti „tengah‟, „perantara‟ atau„pengantar‟.
Media adalah Manusia, materi atau kejadian yang mengkondisikan siswa dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap (Gerlach & Ely, 1971).
Fungsi dan Manfaat Media Pembelajaran:
• Membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, bahkan membawa pengaruh psikologis(Hamalik, 1986)
• Fungsi atensi, fungsi afektif, fungsi kognitif, dan fungsi kompensatoris (Levie & Lentz, 1982)
• Fungsi atensi: menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran atau teks yg dibahas
• Fungsi kognitif: memudahkan pemahaman, mengingat informasi atau pesan
• Fungsi afektif: menggugah emosi dan sikap siswa
• Fungsi kompensatoris: mengakomodasi siswa yg lambat belajar dalam memahami isi pelajaran.
Mengenal bentuk-bentuk media
Berdasarkan perkembangan teknologi :
a. Teknologi cetak
Ciri-cirinya:
- teks dibaca secara linear, visual diamati secara ruang
- komunikasi satu arah
- tampilan statis
- berpusat pada siswa
- informasi dapat diatur kembali oleh pemakai
b. Teknologi audio visual
Ciri-cirinya:
- bersifat linear
- visual yang dinamis
- digunakan dgn cara yg telah ditetapkan sebelumnya oleh perancang
- dikembangkan menurut prinsip psikologis behaviuorisme dan kognitif
c. Teknologi berbasis komputer
- dapat digunakan secara acak, non-sekuensialatau linear,
- dapat berdasarkan keinginan siswa atauperancangnya
d. Teknologi gabungan/multimedia
- menggunakan komputer dengan kemampuan yang tinggi (RAM besar, hard disk yang besar dan alat-alat tambahan yang canggih)
- memadukan kata dan visual dari berbagai sumber
- prinsip ilmu kognitif dan konstruktivisme
- gagasan secara realistik dalam konteks pengalaman siswa dan di bawah pengendalian siswa.
Sumber : http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BAHASA_JERMAN/197105091998021-ENDING_KHOERUDIN/MEDIA_PEMBELAJARAN_BAHASA_JERMAN.pdf
Jumat, 02 Januari 2015
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar